Kamis, 27 September 2012

Commercial review "D&G Fragrance Light Blue"


source : scents2u.net


Commercial Review Dolce&Gabbana Fragrance 'Light Blue'
Commercial type : Video
Duration : 31second


Dolce&Gabbana adalah salah satu rumah mode andalan di Italia yang didirikan dua orang pria. Nama merk fashion Dolce&Gabbana berasal dari nama belakang mereka yaitu Dominico Dolce dan Stefano Gabbana.
Merk mereka menjual berbagai macam produk fashion, salah satunya adalah parfum. Yang paling terkenal dan favorit tentu saja D&G Light Blue yang dibuat versi pria dan juga wanitanya, yang sampai hari ini masih menjadi 'best-seller' di pasaran karena aromanya yang khas dan sulit dilupakan.
Inilah iklan berdurasi 30 detik dari parfum D&G Light Blue tersebut.


source : www.youtube.com


Iklan komersial keluaran Dolce&Gabbana ini bermaksud untuk mengeksplorasi sex appeal atau daya tarik antara pria dan wanita. Dilihat dari segi pengambilan sudut pandang dan permainan kameranya, teramat jelas maksud yang ingin disampaikan oleh pihak Dolce&Gabbana. Pada awalnya saja, sudah terlihat jelas kekuatan dari iklan ini terletak di sensualitas para modelnya, baik yang pria maupun yang wanita. Interaksi antar keduanya menciptakan sesuatu yang sangat intens, berbau sensual, dengan harapan publik di negara yang lebih maju dan berpandangan liberal, seperti Amerika Serikat, menaruh perhatian pada iklan tersebut. Jikalau iklan ini diluncurkan di negara timur, tentu kurang cocok dengan nilai dan budaya yang ada di negara timur. Iklan ini ditujukan untuk orang-orang yang berpandangan bebas di negara liberal.

Konsep kebanyakan fashion advertising di negara maju banyak mengangkat tema yang hampir sama seperti ini untuk mempromosikan produknya, terutama iklan parfum. Pertanyaannya, "Mengapa?"
Pada saat seseorang menggunakan parfum, yang terlintas di pikiran orang itu, sadar atau tidak disadarinya, adalah untuk menarik perhatian lawan jenis. Menggunakan parfum dapat meningkatkan kepercayaan diri orang tersebut di depan lawan jenisnya. Lalu apa yang paling jelas terlihat dari hubungan antara pria dan wanita?
Jawabannya adalah ketertarikan seksual.
Maka, tema yang mengeksplor sensualitas yang paling banyak diangkat berulang kali oleh para rumah mode yang bermaksud meluncurkan iklan sebuah parfum karena dirasa paling mudah dimengerti. Konsep itulah yang ada di 'top of mind' para konsumen parfum. 

Saat pertama kali melihat iklan parfum D&G Light Blue ini, kebanyakan orang pasti berpikiran bahwa ini adalah iklan men's underwear atau pakaian dalam laki-laki karena banyak mengekspos di area tersebut. Hal itu berarti iklan ini kurang tepat atau kurang komunikatif karena kesan yang ditampilkan bukan fokus dari benda yang dipromosikan.
Sebenarnya iklan ini masih sampai ke target market yang diharapkan, hanya kendalanya berada di ambiguitas benda yang diiklankan. Seandainya tidak ada imej parfum di akhir iklan tersebut, maka iklan tersebut tidak akan dimengerti khalayak sebagai iklan sebuah parfum.

Eksekusi iklan tersebut sudah cukup bagus dan sesuai dengan imej yang ditampilkan. Sesuai dengan namanya yaitu 'Light Blue', maka diambillah nuansa iklan tersebut di laut dan pantai. Kesan elegan dan prestige juga sempat ditampilkan para modelnya yang sedang berpesiar di atas kapal di awal iklan tersebut.

That's my review so far. Thanks for read. :)







   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar